Selasa, 02 Februari 2021

Membuat Giveaway Olshop dengan Google Fom

A. Tujuan Pembelajaran

1. Siswa dapat melakukan market riset dalam bentuk giveaway sebagai media bisnis online dengan fokus, konsisten dan jujur dan bertanggungjawab.

2. Siswa dapat mengoptimalkan market risetdalam bentuk giveaway sebagai peluang bisnis dalam menjalankan aktivitas sehari-hari

3. Siswa dapat mempraktekan strategi strategi market riset giveaway dalam bisnis online yang dijalaknannya.

4. Siswa dapat mempraktekan membuat giveaway dengan google form untuk kegiatan analisa pasar


B. Materi Pelajaran

1. Pengertian dan Tujuan Giveaway

Bagi pemilik olshop di Instagram, giveaway berarti memberikan hadiah secara cuma-cuma (gratis), dengan tujuan agar followernya bertambah.Setelah follower bertambah, harapannya, tingkat penjualan dapat ditingkatkan.

Tapi yang sering terjadi, justru tidak selalu demikian. Follower memang bertambah, tapi peningkatan penjualan terkesan biasa-biasa saja.

Nah, di sinilah, kami menawarkan konsep giveaway yang sedikit berbeda :

* Followers Anda bertambah

* Anda dapat database follower

Setelah Anda mendapatkan database (nama, nomor WA, email, dan lain-lain), nantinya Anda gunakan untuk membangun trust (keakraban) secara pribadi dengan follower.

Caranya, Anda mengirimkan pesan melalui chat ke kontak yang sudah Anda dapatkan sebelumnya.

Isinya tidak selalu bernada menjual secara keras (hard selling), tapi merupakan upaya pendekatan yang kita kondisikan secara alamiah.

Tentu akan ada banyak sekali tantangan, tapi Anda tidak perlu khawatir. Kami akan memfasilitasi Anda agar bisa menjalankan konsep ini semudah mungkin.


2. Cara Membuat Giveaway Olshop

Berikut adalah cara membuat giveaway olshop yang menarik dan membuat jualan Anda semakin laris :

1. Siapkan Hadiah yang Menarik untuk Giveaway Olshop

Hal yang harus Anda pikirkan kali pertama, adalah mempersiapkan hadiah apa yang Anda tawarkan kepada peserta giveaway nantinya. Disarankan hadiah sbb:

* Hadiah berupa produk Anda.

* Jumlah hadiah tidah hanya satu.

Adapun alasannya sbb:

Pertama, jika hadiah berupa produk Anda, (bukan jenis lain), maka dapat dijadikan ukuran untuk menentukan bahwa follower (yang ikutan) memang tertarik dengan produk tersebut.

Jadi, ketika nanti Anda melakukan follow up secara pribadi (kepada kontak mereka), risiko untuk ditolak akan semakin kecil.

Kedua, jika hadiah giveaway jumlahnya tidak cuma satu, maka akan menggerakkan lebih banyak follower untuk ikutan.

Alasannya ketika hadiahnya banyak, kesempatan dirinya untuk menang akan semakin tinggi.

Ini artinya, kesempatan Anda untuk mendapatkan lebih banyak database juga akan semakin besar pula.

2. Buat Syarat dan Ketentuan Giveaway Olshop yang Mudah

Sebisa mungkin, syarat dan ketentuan giveaway tidak terlalu menyulitkan follower yang ikutan nantinya.

Kami mengusulkan 3 tahap yang harus dilakukan follower ketika mengikuti giveaway :

* Pertama, wajib follow akun Anda.

* Kedua, klik link di bio (untuk mengisi form data).

* Ketiga, tag akun teman sebanyak mungkin (jangan dibatasi).

Cukup tiga syarat itu saja kami rasa cukup. Karena dengan tidak terlalu banyak, maka follower menganggap bahwa untuk bisa ikutan memang sangat praktis.

Walaupun, pada akhirnya nanti, ketika si followers mengklik link yang ada di bio, mereka harus mengetikkan beberapa data.

Tapi percayalah, ketika sudah terlanjur, mereka akan dengan sukarela menyelesaikan tahap mengisi data tersebut.

Lagi pula, motivasi mereka adalah hadiah yang cukup menarik, bukan?

3. Cara Membuat Giveaway di IG dengan Google Form

Google formulir adalah form yang ketika banyak orang mengisi, datanya akan terkumpul menjadi satu.Nah, kumpulan data inilah yang kemudian kita sebut sebagai database.

Lalu, apa saja yang syarat yang harus dipenuhi untuk dapat menggunakan Google Formulir?

* Alamat gmail Anda.

* Aplikasi Google Chrome (pastikan Anda sudah login)

Baik, sekarang kita akan belajar membuat form di Google Formulir

* Buka browser Chrome di laptop atau HP Anda

* Ketik alamat link berikut : https://docs.google.com/forms

* Pilih “Informasi Kontak”

'image.png' gagal diupload. TransportError: There was an error during the transport or processing of this request. Error code = 103, Path = /_/BloggerUi/data/batchexecute

* Siapkan Google Form untuk Mengumpulkan Data Peserta Giveaway

* Edit tulisan “Informasi Kontak” menjadi nama giveaway

* Tuliskan pula anjuran untuk mengisi form yang ada di bawahnya.

* Rubah form yang ada sesuai keinginan Anda. (Khusus untuk form yang tidak diperlukan bisa dihapus).

* Pastikan tombol “Wajib Diisi” sudah bergeser ke sisi kanan.

* Jika semuanya sudah, pilih “KIRIM”.

* muncul "kirim Formulir” pilih icon link (yang di tengah).

* Centang “Perpendek Link”.

* Pilih “Salin”.

* Buka aplikasi Catatan/NotePad, lalu paste dan simpan link tersebut agar tidak hilang.


4. Masukkan Link Google Form ke Linktree

Setelah Anda berhasil membuat form dan menyimpan link-nya, tahap selanjutnya adalah :

* Copy link tersebut dari Catatan/NotePad.

* Paste ke Linktree yang sudah Anda pelajari sebelumnya.

Pada Linktree, silahkan buat tombol baru dan letakkan pada posisi paling atas agar mudah dilihat oleh mereka yang akan ikutan giveaway.


Masukkan Link Google Form ke Linktree

5. Siapkan Foto dan Caption Giveaway Olshop yang Menarik

Agar giveaway yang Anda lakukan banyak yang ikutan, persiapkan juga foto dan caption yang menarik perhatian.

Saran untuk foto yang menarik :

* Sertakan tulisan giveaway yang lebih besar.

* Jika perlu, gambar hadiah dimunculkan.

* Cantumkan syarat dan ketentuannya.

* Beri catatan batas waktu pelaksanaan giveaway.

Sedangkan untuk caption, silahkan Anda sesuaikan sesuai kebutuhan.

Untuk memberikan gambaran, silahkan lihat contoh berikut ini :


contoh promosi giveaway

Sesudah Anda membuat foto dan caption seperti di atas, silahkan :

* Posting di akun olshop Anda, atau

* Jika ingin lebih banyak peserta giveaway, lakukan paid promote.

6. Cek Data Peserta Giveaway Olshop di Google Formulir

Pertanyaannya sekarang, di mana Anda dapat melihat data peserta yang sudah ikutan giveaway?

Berikut caranya :

* Masuk lagi ke link Google Formulir seperti ketika pertama kali Anda membuatnya.

* Pilih Formulir Terbaru yang sudah dibuat.

* Cek Data Peserta Giveaway Olshop di Google Formulir

* Pilih tab “Tanggapan”

* Pilih ikon “Lihat respons di Spreadsheet”

* Copy data yang ada ke aplikasi excel.

Silahkan, Anda simpan data tersebut untuk persiapan melakukan follow up nantinya.

7. Cara Mengelola Database Hasil Giveaway

Jika database yang ikutan giveaway jumlahnya banyak (misalnya ratusan atau bahkan ribuan), tentu Anda akan kerepotan melakukan follow up.Padahal, nantinya Anda harus melakukan chat satu per satu kepada mereka. Solusi untuk mengirimkan pesan secara massal adalah :

Jika Anda akan menghubungi via WhatsApp, Anda harus mempersiapkan tools atau sejenis aplikasi yang bisa mengirim pesan secara massal ke banyak kontak sekaligus.

Atau jika akan menghubungi via email, Anda bisa berlangganan email marketing.

Namun, jika database masih memungkinkan untuk disimpan di kontak HP Anda satu per satu, silahkan lakukan metode tersebut.Selanjutnya, rencanakan untuk mengirimkan pesan kepada mereka melalui fitur broadcast yang disediakan oleh WhatsApp.

Tidak harus langsung ke banyak kontak. Anda bisa merencanakan (misalnya) sehari mengirim ke 30 kontak, atau cukup 20 kontak saja.Jika pola semacam ini dilakukan secara konsisten, maka Anda akan segera mendapatkan hasilnya.

8. Lakukan Cara Membuat Giveaway di IG dengan Follow Up Secara Pribadi

Seperti yang sudah sempat kami singgung di awal, pesan yang Anda kirimkan tidak selalu harus bernada jualan secara keras (hard selling).Tapi bisa berupa :

* Sapaan hangat

* Penawaran promo

* Tips dan triks

* Edukasi produk

Dan lain sebagainya

Intinya, sedapat mungkin, pesan yang Anda kirimkan mampu membangun trust (kedekatan) dengan follower Anda.

Pada intinya membuat giveaway olshop dengan Google Form bukan hanya bertujuan untuk mendapatkan lebih banyak follower. Namun yang lebih penting, untuk mendapatkan database yang kemudian digunakan sebagai upaya membangun trust (kedekatan) dengan follower. Dengan cara ini, penjualan produk Anda dapat dan terus ditingkatkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar