Minggu, 15 September 2019

soal esay tentang segmentasi pasar


Soal esay tentang segmentasi pasar

1. Jelaskan Pengertian Segmentasi Pasar, dan sebutkan tujuan dilakukannya segmentasi pasar oleh          perusahaan

2. Dalam melakukan segmentasi pasar harus memenuhi kriteria sbb:    
    a. Measurable    
    b. subtantial     
    c. Accesible    
    d. Diferentiable  
    Jelaskan dengan singkat dan jelas masing-masing kriteria tersebut

3  Diantara penetapan segmentasi pasar ada yang berpedoman pada:    
    a. Preferensi Pelanggan     
    b. Sensitifitas harga  
   Jelaskan dengan singkat dan jelas masing-masing segmentasi tersebut berikan contohnya.

4. Jelaskan maksud pengelompokan segmentasi pasar berdasarkan    
    a. Demografis   
    b. Geografis

5. Jelaskan hubungan Segmentasi Pasar dengan Analis Pasar.

Jawaban !
1.     segmentasi pasar adalah pengelompokan pasr menjadi kelompok-kelompok                   konsumen yang homoge, dimana tiap kelompok (bagian) dapat dipilih sebagai               pasar yang dituju (ditargetkan) untuk pemasaran suatu produk.
          Tujuan segmentasi pasar
1.     pasar lebih mudah dibedakan
2.     pelayanan kepada pembeli menjadi lebih baik
3.     strategi pemasaran menjadi lebih mengarah
4.     menganalisis pasar
5.     menemukan ceruk peluang
6.     menguasai posisi yang superior dan kompetitif
7.     menentukan strategi komunikasi yang efektif dan efisien
     2.     A.  measurable (terukur) ; ukuran daya beli , dan profil pasar harus dapat      diukur             dengan tingkat tertentu.
     B.  substantial (substansial) ; segementasi pasar dijangkau dan dilayani secara                     efektif.
     C.  accessible (dapat diakses) ; suatu segmen merupakan kelompok homogen yang             cukup bernilai untuk dilayani oleh program pemasaran.
     D.  differentiable (dapat dibedakan) ; segmentasi pasar yang ideal disisi internal                   harus homogen.
    
     3.     A.  PREFENSI PELANGGAN : seperti presepsi bahan makanan.
            Misalnya ; merek saus salad dengan semua bahan alami untuk pelanggan yang              tidak menyukai bahan yang terdengar seperti bahan kimia.
     B.   DILUAR PENGHASILAN : orang memliki kepekaan terhadap harga daripada              produk.
            Misalnya ; konsumen hp apple yang membeli smartphone yang dianggap                        mahal , namun ia tidak tau kelebihannya.

     4.    A. DEMOGRAFIS : segmentasi pasar ini dibagi dan diklasifikasikan menjadi                    beberapa kelompok demografi dengan dasar pembagian usia, jenis kelamin,                  tingkat ekonomi atau tingkat pendidikan konsumen.
     B. GEOGRAFIS : segmentasi pasar ini dibagi ke dalam beberapa bagian geografi                    seperti Negara, wilayah, kota, desa.
5
     5. Hubungan antara segmentasi dengan analisis : setelah melakukan analisis pasar,            perusahaan dapat melakukan segmentasi atau pengelompokan pasar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar